Perangkat Penanak Roti Beras Nge-Hit di Jepang

0
TOKYO - Baru diluncurkan tiga minggu, Sanyo kebanjiran order perangkat pembuat beras menjadi roti. Bahkan Sanyo menghentikan preorder perangkat tersebut.

Peralatan rumah tangga itu bernama Gapon, mampu mengubah beras menjadi roti hanya dengan satu kali klik tombol. Dalam kurun tiga pekan, perangkat tersebut telah laku sekira 58.000 unit. Pihak Sanyo mengaku kewalahan dalam memenuhi permintaan perangkat canggih terbaru ini.

"Perangkat ini membuat proses pembuatan roti menjadi mudah. Bahkan rasa roti-nya pun dijamin enak. Hal ini sesuai dengan kultur Jepang yang biasa mengonsumsi beras sejak beribu-ribu tahun lalu. Oleh karena itu ada semacam kepuasaan tersendiri yang dirasakan oleh warga Jepang dengan perangkat ini," ujar analis makanan di negara tersebut, Hisao Nagayama, seperti dikutip melalui Straits Times, Jumat (26/11/2010)

Selain itu, lanjut Nagayama, Gapon juga mampu mengubah kebiasaan makan yang selama ini dilakukan warga Jepang, yakni lebih mengikuti tren makanan orang barat dengan pola hidup yang sibuk sehingga tidak memungkinkan warga memasak beras, yang pasti membutuhkan waktu lama.

"Sampai saat ini permintaan akan produk tersebut sudah sekira 58.000 unit. Angka ini kami raih dalam kurun tiga minggu. Padahal kami menargetkan jumlah itu akan kami raih hingga Maret tahun depan," ujar juru bicara Sanyo Electric.

Perangkat itu dibandrol sekira USD700 dan mampu mempercepat proses pembuatan roti dari beras. Pengguna tinggal memasukkan beras dan bumbu yang diinginkan lalu memencet tombol 'start'. Setelah itu biarkan Gopan, perpaduan dari bahasa Jepang yang berarti 'beras' dan 'roti', itu bekerja. Dalam waktu beberapa menit, roti beras akan langsung tersaji.
 sumber : (okezone)